Jumat, 08 Mei 2015

Analisis artikel hasil penelitian

Artikel hasil penelitian merupakan suatu tulisan tentang hasil penelitian yang mengandung objektivitas dan kedalaman pembahasan serta didukung oleh data atau informasi yang relevan. Bahasa yang digunakan dalam penulisan artikel hasil penelitian ini adalah bahasa yang baku.
Adapun sistematika penulisan artikel hasil penelitian sebagai berikut:
1.      Judul
Judul artikel bersifat informatif, lengkap, memuat variabel-variabel yang diteliti atau kata kunci yang menggambarkan masalah yang diteliti.
2.      Nama penulis
Identitas diri dan nama lengkap ditulis dalam catatan kaki atau tempat lain jika tempat untuk catatan kaki tidak mencukupi.
3.      Abstrak
Panjangnya 75-100 kata jika dituliskan dalam bahasa indonesia.
4.      Kata kunci
Kata kunci merupakan inti dari permasalahan yang muncul dalam karya ilmiah biasanya tercantum di bagian atas atau bagian bawah dari abstrak.
5.      Inti artikel
a.       Pendahuluan
Latar belakang dan rumusan masalah, tercantum dibagian pendahuluan ini. Di sini juga terdapat tujuan penelitian serta kajian teoritis yang mendukung penelitian.
b.      Metode penelitian
Bagian ini menyajikan bagaimana caranya penelitian tersebut dilakukan. Uraiannya disajikan dalam beberapa paragraf tanpa subbagian hanya hal-hal pokok saja. Rancangan penelitian tidak perlu diuraikan. Materi pokok dibagian ini adalah cara bagaimana data tersebut dikumpulkan, sumber data, dan bagaimana data dianalisis.
c.       Hasil penelitian dan pembahasan atau temuan dan bahasan
Bagian ini menyajikan hasil analisis dan pengujian hipotesis yang dilaporkan adalah hasil bersih. Hasil analisis dapat disajikan dengan tabel atau grafik.
d.      Simpulan dan saran.
Kesimpulan merupakan ringkasan dari uraian yang disajikan pada bagian hasil dan pembahasan. Kesimpulan juga digunaan untuk membuat saran. Saran yang disampaikan bisa mengacu kepada tindakan praktis, teoritis, maupun penelitian lanjutan.
6.      Daftar rujukan

Buku atau sumber referensi yang dirujuk dalam penulisan artikel laporan ilmiah tersebut.

Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar